Apa Itu Dosa-Dosa Besar dan Bagaimana Definisi Kabair

Definisi Kabair (Dosa-Dosa Besar)

Pengertian Kabair adalah semua larangan Allah dan Rasulullah yang tercantum di dalam Al-Quran dan AsSunnah , serta atsar dari para salafush shalih.
Allah  menjamin bagi siapa saja yang menjauhi dosa-closa besar dan perkara-pcrkara yang diharamkan akan diampuni semua dosa-dosa kecil yang dilakukannya. Allah herfirman:

إِن تَجْتَنِبُوا كَبَائِرَ مَا تُنْهَوْنَ عَنْهُ نُكَفِّرْ عَنكُمْ سَيِّئَاتِكُمْ وَنُدْخِلْكُم مُّدْخَلًا كَرِيمًا
Surat An-Nisaa Ayat 31
Jika kamu menjauhi dosa-dosa besar di antara dosa-dosa yang dilarang kamu mengerjakannya, niscaya Kami hapus kesalahan-kesalahanmu (dosa-dosamu yang kecil) dan Kami masukkan kamu ke tempat yang mulia (surga).

Berdasarkan nash di atas, Allah menjamin surga bagi yang menjauhi closa-dosa besar.
Allah juga berfirman :
وَالَّذِينَ يَجْتَنِبُونَ كَبَائِرَ الْإِثْمِ وَالْفَوَاحِشَ وَإِذَا مَا غَضِبُوا هُمْ يَغْفِرُونَ
Surat Ash-Shura Ayat 37
 Dan (bagi) orang-orang yang menjauhi dosa-dosa besar dan perbuatan-perbuatan keji, dan apabila mereka marah mereka memberi maaf.

الَّذِينَ يَجْتَنِبُونَ كَبَائِرَ الْإِثْمِ وَالْفَوَاحِشَ إِلَّا اللَّمَمَ ۚ إِنَّ رَبَّكَ وَاسِعُ الْمَغْفِرَةِ ۚ
Surat An-Najm Ayat 32
(Yaitu) orang-orang yang menjauhi dosa-dosa besar dan perbuatan keji yang selain dari kesalahan-kesalahan kecil. Sesungguhnya Tuhanmu maha luas ampunan-Nya.

Rasulullah bersabda :
"Shalat lima waktu, shalat jumat dan puasa ramadhan menghapuskan dosa-dosa yang dilakukan di sela-selanya jika dosa-dosa besar telah dijauhi." (HR. Muslim)

Disini lazim bagi kita untuk meneliti apa saja yang termasuk kabair supaya kita dan semua orang islam bisa menjauhinya. Para ulama berbeda pendapat di dalam menentukannya. 
Kabair itu jumlahnya lebih dekat kepada tujuh puluh daripada kepada tujuh. Pendapat yang benar dan dilandasi dengan dalil menyebutkan bahwa siapapun yang melakukan perbuatan dosa yang memiliki had di dunia seperti ; membunuh, berzina, mencuri atau pelakunya mendapatkan ancaman dan kemurkaan serta laknat dari Nabi Muhammad di akhirat maka perbuatan itu termasuk Kabair (Dosa Besar).



Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Apa Itu Dosa-Dosa Besar dan Bagaimana Definisi Kabair"

Posting Komentar