Iman Bukan Hanya Ada 6 Tapi Cabangnya Ada 77, Mari Pelajari !!!

Sering kita diajarkan tentang rukun iman yang ada enam - 6 , mulai dari iman kepada Allah dan terakhir iman kepada Qadha' dan Qodhar.  iman sendiri adalah memiliki pengeritan khusus secara bahasa dan istilah namun secara umum iman adalah keyakinan dalam hati, pengamalan dengan perbuatan dan pengucapan dengan lisan.

Iman tidak mudah didapatkan harus dengan perjuangan, berbeda dengan islam. ada iman dan ada islam, seseorang dikatakan berislam maka dia belum tentu iman, tetapi sebaliknya jika seseorang itu beriman maka dia pasti dalam keadaan islam.

jika kita mengenal iman hanya 6 maka itu adalah pengetahuan dasar dan pokok. yang lebih rinci dan detail ada pada hadits ini :


عَنْ أَبِي هُرَيْرَةَ رَضِيَ اللهُ عَنْهُ، عَنْ رَسُولِ اللهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ قَالَ: " الْإِيمَانُ بِضْعٌ وَسِتُّونَ، أَوْ سَبْعُونَ شُعْبَةً، فَأَرْفَعُهَا قَوْلُ لَا إِلَهَ إِلَّا اللهُ، وَأَدْنَاهَا إِمَاطَةُ الْأَذَى عَنِ الطَّرِيقِ، وَالْحَيَاءُ شُعْبَةٌ مِنَ الْإِيمَانِ " رَوَاهُ مُسْلِمٌ فِي الصَّحِيحِ
Artinya : " Iman itu  enam puluh cabang atau tujuh puluh cabang (lebih). maka paling utama yaitu perkataan Lâ ilâha illallâh, dan yang paling akhir yaitu menyingkirkan gangguan (duri) di jalan raya. dan malu adalah bagian cabang dari iman. (H.R. Muslim)

Maka dapat diketahui jumlah iman itu adalebih dari 60 dan sekitar 70 lebih.

hadits yang lain :


عَنْ أَبِي هُرَيْرَةَ رَضِيَ اللهُ عَنْهُ عَنِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ قَالَ: " الْإِيمَانُ بِضْعٌ وَسِتُّونَ شُعْبَةً، وَالْحَيَاءُ شُعْبَةٌ مِنَ الْإِيمَانِ " رَوَاهُ أَبُو عَبْدِ اللهِ مُحَمَّدُ بْنُ إِسْمَاعِيلَ الْبُخَارِيُّ فِي الصَّحِيحِ

Artinya: " Iman itu tujuh puluh cabang (lebih), dan malu adalah bagian cabang dari iman. (H.R. Bukhori)

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Iman Bukan Hanya Ada 6 Tapi Cabangnya Ada 77, Mari Pelajari !!!"

Posting Komentar