Bagian Kalimat Zuhud Menurut Ibnu Abbas RA.



اَلزُّهْدُ ثَلَاثَةُ اَحْرُفٍ : زَايٌ وَهَاءٌ وَدَالٌ , فَالزَّايُ زَادٌ لِلْمَعَادِ وَالْهَاءُ هُدًى لِلْدِّيْنَ وَالدَّالُ دَوَامٌ عَلَى الطَّاعَةِ .
Bagian Dari Kalimat Zuhud
Sebagaimana yang diterangkan oleh Ibnu Abbas ra. dalam perkataannya berikut ini :
``Kalimat zuhud itu terdiri dari tiga huruf yaitu Za`, Ha` dan Dal. Huruf Za` berarti ``Zaadun Lil Ma`aad`` (bekal menuju akhirat). Huruf Ha` berarti ``Hidayah``(menuju agama). Dan huruf Dal berarti ``Dawwamun `Alath Thaa`ah`` (tetap dalam ketaatan).``
Keterangan :
Orang yang zuhud akan selalu beramal saleh untuk bekal hidup di akhirat.
Orang yang zuhud akan selalu mengikuti petunjuk Allah dan memberikan petunjuk kepada orang lain ke arah yang benar.
Orang yang zuhud akan selalu taat kepada Allah dan Rasul-nya.


وَالَّذِينَ آمَنُوا وَعَمِلُوا الصَّالِحَاتِ وَآمَنُوا بِمَا نُزِّلَ عَلَىٰ مُحَمَّدٍ وَهُوَ الْحَقُّ مِن رَّبِّهِمْ ۙ كَفَّرَ عَنْهُمْ سَيِّئَاتِهِمْ وَأَصْلَحَ بَالَهُمْ
Dan orang-orang mukmin dan beramal soleh serta beriman kepada apa yang diturunkan kepada Muhammad dan itulah yang haq dari Tuhan mereka, Allah menghapuskan kesalahan-kesalahan mereka dan memperbaiki keadaan mereka.
Muhammad - Ayat 2

وَجَعَلْنَا مِنْهُمْ أَئِمَّةً يَهْدُونَ بِأَمْرِنَا لَمَّا صَبَرُوا ۖ وَكَانُوا بِآيَاتِنَا يُوقِنُونَ
Dan Kami jadikan di antara mereka itu pemimpin-pemimpin yang memberi petunjuk dengan perintah Kami ketika mereka sabar. Dan adalah mereka meyakini ayat-ayat Kami.

طَاعَةٌ وَقَوْلٌ مَّعْرُوفٌ ۚ فَإِذَا عَزَمَ الْأَمْرُ فَلَوْ صَدَقُوا اللَّهَ لَكَانَ خَيْرًا لَّهُمْ
Taat dan mengucapkan perkataan yang baik (adalah lebih baik bagi mereka). Apabila telah tetap perintah perang (mereka tidak menyukainya). Tetapi jikalau mereka benar (imannya) terhadap Allah, niscaya yang demikian itu lebih baik bagi mereka.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Bagian Kalimat Zuhud Menurut Ibnu Abbas RA. "

Posting Komentar